Sabtu, 08 Oktober 2011

Listrik


A. Benda Netral dapat Bermuatan Listrik
Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsure yang tidak dapat dibagi lagi secara reaksi kimia biasa. Atom terdiri dari elektron , proton, dan neutron. Massa dan muatan positif atom terkumpul pada inti atom (nukleus).
Dalam inti atom terdapat proton dan neutron. Keduanya merupakan partikel inti (nukleon). Proton bermuatan listrik posotif, Neutron tidak bermuatan listrik, sedangkan Elektron bermuatan listrik ngatif dan bergerak mengelilingi inti atom.
Benda netral terdiri dari atom-atom netral. Pada atom netral, jumlah proton yang berada dalam inti atom sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi inti atom. Atom netral tidak mempunyai muatan listrik.
Jika elektron dalam atom netral berpindah, atom tersebut akan kekurangan elektron. Benda yang kekurangan elektron disebut benda bermuatan positif. Jika elektron dari luar memasuki atom netral, atom tersebut akan kelebihan elektron. Benda yang kelebihan elektron disebut benda bermuatan negatif.
Suatu benda akan bermuatan listrik jika benda tersebut kekurangan atau kelebihan elektron. Benda yang dapat menarik benda ringan di sekitarnya merupakan benda yang bermuatan listrik.
B. Jenis Muatan Listrik
Muatan listrik ada dua jenis, yaitu muatan listrik negatif dan muatan listrik positif. Besar muatan listrik bergantung pada jumlah kekurangan atau kelebihan elektron suatu benda. Menurut milikan, muatan dasar sebuah elektron sebesar 1,6.10-19C.
Besar muatan suatu benda dapat ditentukan dengan persamaan:
           
             Q = N . e

            Q = besar muatan suatu benda (C)
            N = jumlah selisih muatan elektron
            e  = besar uatan dasar elektron (C)
Contoh soal:
Sebuah benda mempunyai kekurangan 1017 elektron. Hitunglah besar muatan listrik benda tersebut jika muatan dasar elektron sebesar 1,6.10-19C!
Penyelesaian:
Diketahui          : N = 1017
                          e  = 1,6.10-19C
ditanya             : Q . . .?
Jawab              : Q = N . e
                          Q = 1017 . 1,6.10-19
                          Q = 1,6.10-2 C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar